Bermain Warna Alam bersama Anak-anak

Menjadi kegelisahan tersendiri bagi saya sejak lama ketika melihat dunia anak yang penuh dengan kegiatan mencorat coret, mewarnai dan melukis dipenuhi aneka warna sintetis. Meski berlabel aman bagi anak-anak, penggunaan warna warni buatan pabrik dalam jangka panjang mestinya bisa dikurangi.

Sedari kecil, anak-anak perlu dikenalkan pada warna warni alam dengan cara yang dekat dengan dunia mereka. Ya, dengan kegiatan mewarnai dan melukis. Rasa ingin tahu yang besar dan serunya dunia bermain anak perlu difasilitasi dengan baik dan menyenangkan. Biarkan mereka bereksplorasi sesuka hati.

Lalu bagaimana mengenalkan pewarnaan alam untuk anak-anak? Mudah saja, semua bisa dimulai dari dapur ibu. Dimulai dari mengenalkan berbagai ragam buah dan sayuran. Jika ada sisa sayuran, bayam misalnya, cobalah tumbuk untuk mendapat pigmen warna hijaunya. Kulit bawang bombay juga jangan langsung dibuang. Cobalah untuk merebusnya. Airnya akan berwarna kuning kecoklatan. Lalu campur dengan sedikit tepung, aduk hingga merata maka akan didapat cat natural berwarna kuning lembut. Lalu goreskan pada kain atau kanvas. Metode yang sama bisa dicoba dengan bermacam buah dan sayuran lainnya. 

Atau sering sering mengajak anak-anak bermain di taman yang penuh dengan aneka tumbuhan. Tak lupa membawa buku gambar, kuas dan palet serta wadah untuk mencuci kuas. Juga botol semprot berisi air mineral. Ambillah bunga atau daun sedikit saja. Untuk mengetahui apakah bunga atau daun tersebut mengeluarkan pigmen warna, coba tumbuk dengan batu di atas sehelai kain. Jika warnanya kuat, ambil beberapa lalu ditumbuk dan campur dengan sedikit air. Tinta natural pun siap dipakai. 

Bagaimana dengan krayon natural? ini pun mudah. Dengan pigmen dari tanah dan tumbuhan bisa didapat warna warni krayon yang indah dan aman penggunaannya bagi balita dan anak-anak.

Namun, agar warna bisa bertahan lama dan disimpan dalam jangka waktu yang lama


memang ada beberapa cara untuk membuatnya. Nah nantikan ya workshopnya. Ibu dan anak-anak dapat mengikuti workshopnya. Anak-anak bisa berkreasi bebas membuat aneka gambar di media kertas, kanvas, kain bahkan kulit kayu. Hei bukankah anak-anak akan senang jika bisa punya kaos atau topi yang dilukisnya sendiri? Nah yuk kita coba buat dalam workshop yang seru.

Untuk info dan jadwal workshop bisa follow instagram @indiracestra dan @kreativita_bina_hasta.



Comments

Popular Posts